Minggu, 30 April 2023

RESEP PEMBUATAN AYAM GEPREK ENAK DAN MURAH !

Resep Jualan Ayam Geprek Terlaris dan Enak buatan Mas Gun ! dijamin bakal balik beli lagi dan lagi deh !

OLEH : HANIF GUNAWAN



Gambar : orderan ayam geprek mas gun!

Halo semuanya, Assalamu’alaikum..

semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan juga bahagia yaa..

Ditulisan kali ini, saya akan berbagi cerita pengalaman tentang usaha jualan ayam geprek home made dengan harga yang pastinya ramah di kantong hanya 10k/porsinya”!

Ditengah gencarnya usaha kuliner yang ada saat ini khususnya daerah kota duri maupun diberbagai daerah lain,tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya “AYAM GEPREK”. yaa, makanan yang dirasa cukup murah meriah dengan cita rasa yang sangat pedas hingga mampu menggugah selera penikmat kuliner ini. Disamping banyaknya inovasi baru nan beragam dari pebisnis kuliner ayam,menu ayam geprek masih menjadi acuan dan andalan makanan favorit masyarakat luas. Disamping harganya yang dapat dikatakan terjangkau,usaha kuliner ini pun dirasa cukup menjanjikan pemilik usaha maupun usahawan muda yang akan menggeluti dunia kuliner!

Diera modern seperti sekarang ini, banyaknya pesaing pebisnis muda dibidang kuliner . tentunya dalam hal ini membuat pedagang kecil justru harus memutar strategi bagaimana usahanya bertahan dan terus berkembang meski banyaknya usaha yang sama ikut merambah dengan bisnis yang sama pula. Hal inilah yang mendorong saya untuk memberikan dan berbagi beberapa peluang usaha yang mampu memiliki omset pendapatan yang cukup menjanjikan dan bersaing di dunia kuliner khususya ayam geprek. Tentunya dengan profit yang berkelanjutan sehingga membuat pebisnis muda yang baru merintis atau yang sudah menggeluti usaha dibidang ini mampu mempertahankan usahanya ini agar terus berkembang meskipun banyaknya pesaing kuliner serupa!

Nah,dikesempatan ini,saya akan berbagi resep andalan saya tentang cara pembuatan ayam gerpek. Tentunya dengan modal yang tidak terlalu besar namun mampu mendatangkan omset yang cukup profit didalamanya. Sehingga usaha yang digeluti mampu konsisten didalam persaingan dunia usaha kuliner saat ini. Yuk simak dan catat ya !

Bahan untuk ayam geprek :

1.     1000 gram Ayam potong ( potong sesuai selera anda )

2.     500 gram tepung protein tinggi

3.     250 gram tepung chicken

4.     40 gram tepung maizena

5.     100 gram susu bubuk

6.     Beras ( sudah dimasak )

Bumbu marinasi ayam geprek :

1.     8 siung bawang putih ( dihaluskan )

2.     2 siung bawang merah ( dihaluskan )

3.     merica bubuk

4.     Susu bubuk

5.     penyedap rasa

6.     Garam secukupnya

Bahan untuk sambal geprek :

1.     Cabe rawit merah,hijau dan bawang putih secukupnya

2.     Penyedap rasa

Bahan plating :

1.    Mentimun

2.    Slada

3.    Tempe/Tahu goreng

Cara pengolahannya dan penggorengan ayam :

1.  Campur semua bahan bumbu marinasi diatas dan bumbu yang sudah dihaluskan kedalam wadah. Tambahkan ayam (yang sudah di potong sesuai selera). Lalu diamkan selama 8 jam (untuk hasil lebih empuk dan gurih bisa semalaman) di dalam kulkas!

2.     Siapkan wadah terpisah untuk tempat tepung ayamnya. Bagi menjadi 2 adonan basah dan kering!

3.     Untuk adonan tepung kering, tambahkan susu bubuk dan tepung maizena untuk hasil tekstur ayam yang lebih kriting!

4.     Untuk adonan tepung basah cukup sedikit saja lalu beri bumbu penyedap rasa secukupnya!

5.   Ambil ayam yang sudah di marinasi untuk kemudian dicelupkan ke dalam  adonan basah lalu ke adonan tepung dan kemudian di tepuk tepuk ayamnya. Ulangi proses penepungan tadi hingga adanya grindil/kriting tepung yang menempel di ayam!

6.   Panaskan minyak makan dengan api yang standar. Jika dirasa sudah panas, masukkan perlahan ayam yang sudah ditepungi kedalam kuali penggorengan!

7.    Pastikan ayam didalam kuali penggorengan tidak dibolak balik sebab akan membuat tepung crispynya patah dan pada saat menggoreng ayam tidak di anjurkan terlalu banyak. Hal ini akan menyebabkan ayam terhimpit dan tepung tidak mengkriting sempurna. Pastikan juga ayam terendam seluruhnya oleh minyak!

8.     Tunggu hingga ayam matang.(biasanya di tandai dengan tepung sudah mulai renyah saat membalik kan ayam di kuali penggorengan)!

9.     Angkat dan tiriskan ayam di penyaringan agar minim minyak yang menempel di ayam sehingga tekstur renyah ayam tetap terjaga hingga beberapa jam kedepan!

Cara pengolahan sambal geprek :

1.     Panaskan minyak makan secukupnya di kuali lalu matikan kompor!

2.     Masukkan cabe merah/hijau dan bawang putih kedalam minyak panas!

3.     Angkat lalu tiriskan dipenyaringan!

4.     Giling cabe  menggunakan cobek /batu giling sesuai takaran selera anda!

5.     Jangan lupa tambahkan penyedap rasa secukupnya!

6.   Ambil ayam lalu tokok kan bersamaan dengan cabe yang sudah di giling tadi kemudian bolak balik ayamnya!

Terakhir,Sajikan ayam yang sudah dikasih cabe kedalam wadah bersamaan dengan nasi dan bahan plating( timun,selada,tahu/tempe goreng)!Dengan harga hanya 10k saja! dijamin pasti laris maniss yaa !

Nah, semoga dengan resep pembuatan ayam geprek diatas mampu menambah wawasan teman-teman untuk memulai usaha ini dan menekuninya. Hal yang terpenting dalam menggeluti dunia usaha adalah mempertahankan dan memberikan cita rasa yang khas disetiap masakan yang kita jual. Hal ini mampu membuat para pecinta kuliner pedas seperti ayam geprek mampu mendatangkan branding terhadap usaha yang kita jalani!

Harapan saya kedepannya,kita mampu beralih menjadi seorang pengusaha yang mampu memiliki usaha sampingan diluar dari usaha pokok kita ( bekerja ). Sehingga kita mampu menambah nilai ekonomi dan juga menambah lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan ketika kita memiliki potensi peluang usaha. Sehingga profesi bekerja tidak lagi menjadi prioritas utama income yang akan kita harapkan melainkan pekerjaan sampinganlah yang mampu menambah income kita guna menaikkan nilai ekonomi keuangan keluarga dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Yuk beralih menjadi pengusaha kuliner ayam geprek!

Sekian blog kali ini dari saya,untuk diskusi lanjut bisa contac saya di media sosial:

Instagram : @anipgnwn

Facebook : Hanipgunawan

Wa.me/6281996830277

Terimakasihh dan salam sukses !

Tidak ada komentar:

TEKNIK PENGEMBANGAN UMKM

TUGAS KHAIRI PROPOSAL USAHA " BOLU KEMOJO FAUZIAH "

  Tugas Terstruktur Dosen Pengampu Kewirausahaan Murdiana Koto, S.Sy   PROPOSAL USAHA BOLU KEMOJO TRADISIONAL     DISUSUN OLEH :   KHAIRI (N...