Rabu, 19 April 2023

MENGGELUTI DUNIA WIRAUSAHA : PIKIRAN,KARAKTER DAN SUKSES !

 

Hubungan dalam mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis berawal dari pemikiran-pemikiran yang baik dan mulia!
mulai sekarang,berfikirlah secara positif tentang apa yang akan anda lakukan sebelum memulai bisnis!

OLEH : HANIF GUNAWAN

Menuai gagasan dengan pemikiran yang baik dalam setiap proses pembelajaran

    Banyak orang hidup seperti layaknya tumbuh-tumbuhan. Mereka lahir, dibesarkan, bersekolah, bekerja, menikah, beranak, bercucu, tua dan mati. Semua itu berjalan secara otomatis dan naluriah tanpa banyak menggunakan pemikiran apalagi strategi. Jika mampu bersekolah,  bagus. karena orang lain pun bersekolah. Jika tidak mampu bersekolah,yasudah. karena anak lain pun tidak belajar dan diajar secara serius agar menjadi pelajar berprestasi disekolahnya. Bagi mereka, yang penting bersekolah. Jika diperlukan tawuran pada waktu sekolah,ya ikut meramaikan. Jika di drop-out karena kenakalan atau kebodohannya,ya sudah !

Jika mampu bekerja,ya bagus !karena orang lain pun bekerja. Jika tidak bekerja,yasudah ! sebab orang lain pun banyak yang menganggur. Jika bisa menikah,ya bagus !orang lain pun menikah. Demikian seterusnya.

Akibat dari budaya dan mitos tersebut,maka generasi masyarakat selajutnya tanpa disadari dan tanpa pemikiran yang kritris telah menerima didikan dan kepercayaan yang serupa dan menganggapnya sebagai kebenaran sehingga tidaklah mengherankan jika dimana pun kita berada atau pergi selama masih dilingkungan  makro yang sama,kita akan menemukan belief system dan karakter yang seragam atau nyaris sama dari masyarakatnya.

Ibarat sebuah pohon yang tumbuh karena adanya benih,demikian juga setiap perbuatan manusia timbul akibat benih tersembunyi yaitu sebuah pemikiran. dan tidak mungkin ada perilaku tanpa berasal dari pikiran, apakah itu adalah perbuatan yang mengakibatkan kegembiraan atau penderitaan ,kesuksesan atau kegagalan,semua itu adalah buah yang harus dituai orang karena bentuk pikirannya.

Jadi, kehidupan seseorang dibentuk oleh adanya dirinya sendiri,yaitu oleh bentuk dan kualitas pikirannnya. Jika pikirannya benar dan mulia,maka manusia akan mempunyai kualitas hidup yang illahi. Sebaliknya jika pikiran salah dan rendah ,maka manusia akan turun derajatnya sampai ke tabiat hewani.

Diantar kedua ektreme itulah biasanya karakter seseorang berada. Dan kita adalah pembuat sekaligus majikan atas pikiran kita,pembentuk karakter,lingkungan dan nasib kita sendiri.

Jadi,sekalian dalam keadaan yang lemah dan buruk,kita adalah tetap sebagai tuan atas kehidupan mengatur rumah tangga kehidupan sendiri. Hanya saja dengan menyadari hukum pikiran, menganalisis diri sendiri secara seksama dan mau memperjuangkan nasibnya sendiri secara aktif degan sabar dan tekun,maka seorang bisa bisa menjadi pribadi yang berkarakter sukses.

Pikiran manusia ibarat nya seperti sebuah taman yang bisa dikelola secara cerdas dengan menaburkan benih tanaman yang berguna dan sesuai harapan atau dibiarkan liar tidak terurus. Apa pilihan kita,apakah mengurus atau menelantarkan ,semuanya membuahkan hasil, apakah tanaman berguna atau huma ilalang?

Jika anda ingin mengelolanya dengan baik,maka anda harus melakukan 2 hal penting yaitu pertama,menanam benih yang baik serta menjaganya agar tumbuh subur dan terhindar dari serangan hama penyakit. Kedua, terus menerus memantau dan menghalau huma ilalang yang tumbuh di area tanaman anda agar mereka tidak menghabiskan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman anda.

Jadi,karena pikiran dan karakter itu satu hal yang mempengaruhi hasil,maka kita boleh menilai kulalitas dan kakarakter seseorang dari kualitas hidupnya. Seorang yang sukses mempunyai karakter dan pemikiran yang sukses juga . sedangkan seseorang yang gagal, mempunyai pemikiran dan karakter yang gagal dikelola. Ini adalah persoalan pengetahuan dan pengalaman manusia itu sendiri dan bukan urusan aib,langit,tuhan,setan,lingkungan atau bahkan manusia lain.

Sebagai contoh ,jika anda adalah karyawan yang ingin mempunyai taraf kehdiupan yang lebih baik ,yang perlu anda tingkatkan yaitu “ wishful thinking”. Pikiran dan perbuatan yang baik tidak akan pernah menghasilkan hal yang buruk. Kerajinan,inisiatif,kejujuran ,kompetensi,produktivitas akan menghasilkan prestasi dan promosi karir atau kesuksesan bisnis dan hal baik lainnya.

Kemalasan,egois,picik,kecurangan,kebodohan,itikad jahat hanya kan membuahkan kegagalan karir atau bisnis sehingga bagi orang munafik atau degil  yang berupaya menuai bunga mawar dari ilalang. Ibaratnya mendandani pusara dan memugarnyaa sedemikian rupa agar tampak indah dan melupakan esensi bahwasannya kuburan ialah kuburan, yang isinya hanyalah tulang belulang orang mati!



Sumber : Daryanto. Menggeluti dunia kewirausahaan. Edisi Revisi cet.1. Penerbitan Yogyakarta : Gava Media, 2012 hlm. 93-96


 

Tidak ada komentar:

TEKNIK PENGEMBANGAN UMKM

TUGAS KHAIRI PROPOSAL USAHA " BOLU KEMOJO FAUZIAH "

  Tugas Terstruktur Dosen Pengampu Kewirausahaan Murdiana Koto, S.Sy   PROPOSAL USAHA BOLU KEMOJO TRADISIONAL     DISUSUN OLEH :   KHAIRI (N...