Rabu, 22 Februari 2023

TEKNIK MENDAPATKAN IDE


OLEH : YURI ANDRIANI
Gambar kegiatan penuangan ide kreatif

 Setiap saat, jangan batasi pencarian anda pada satu ide saja; kembangkan sembilan atau sepuluh ide sampai muncul satu ide yang paling kuat. Anda harus senantiasa mengulang masukan yang anda peroleh secara acak dari yang anda baca, lihat dan dengar. Mempertimbangkan sejumlah ide yang menarik, cenderung membuat anda menemukan kegunaan dan informasi yang anda serap. Jika anda membatasi diri dengan satu ide saja pada tahap awal pencarian anda, anda menyakinkan diri anda bahwa benar-benar terlibat dengan ide tersebut sebelum anda benar-benar siap.

 Bagaimana anda melatih daya pikir anda untuk menemukan dan menciptakan peluang usaha baru? Teknik berikut adalah cara menciptakan ide baru secara efektif. Tidak semua teknik cocok untuk setiap orang. Cobalah semua dan lihat teknik mana yang cocok untuk anda. Ingatlah untuk membuat catatan ide anda dan membukukannya sehingga mudah untuk dilihat kembali.

A. Tukar Pikiran

Berikut ini langkah-langkah dalam dasar untuk tukar pikiran :

·          Kumpulkan satu grup teman, kolega,atau kerabat dengan latar belakang, pengalaman, dan keahlian yang berbeda. Tujuannya adalah untuk membuat ide bisnis dan penemuan baru dengan menggabungkan ide yang telah diketahui dan mekanisme cara baru. Ketika anda menggabungkan macam-macam kepribadian, anda meningkatkan kemungkinan untuk mengembangkan kreatif dan ide yang tidak biasa.

·      Siapkan grup rapat. Beritahu tiap peserta masalah yang akan dibahas beberapa hari sebelumnya. Untuk mempersiapkan diri menemukan pemecahan kreatif.

·       Pada tahap awal, jangan menilai suatu ide baik atau buruk. Anda dan grup anda hanya mengembangkan ide. Penting sekali untuk menghargai perbedaan antara kreasi ide dan pemilihan ide. Beri semangat agar tiap orang bebas mengemukakan idenya.

·          Pada pencarian ide tekankan pada jenisnya bukan mutunya. Beri semangat agar tiap orang membuat ide sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat mungkin. Terima juga ide yang bodoh, tolol, sedang dan ide bagus. Mintalah agar setiap peserta memikirkan 25 ide bisnis dalam waktu 10 menit dan tulislah ide tersebut. Ingat, jangan memberi komentar tentang kualitas ide. Hal tersebut akan mematikan kreativitas. Penelitian menunjukkan hanya dengan menyatakan banyak ide anda akan dapat menemukan ide yang terbaik.

·       Kembangkan ide satu dengan yang lain ambil manfaat dari grup yang beragam dengan perbedaan latar belakang, kepribadian dan pengalaman. Jangan bersikap menghakimi. Setelah rapat berakhir, pilih ide. Pemilihan ide dianalisa dengan cara memikirkan, menggolongkan, mengembangkannya dan kemudian memilih ide terbaik menurut anda.

        Prinsip-prinsip ini dapat diterapkan pada pencarian ide anda sendiri jika anda tidak dapat membentuk grup bersama. Pikiran sebanyak mungkin ide bisnis. Termasuk ide yang anda pikirkan pada masa lampau, atau yang pernah anda dengar sebelumnya. Tuliskan semuanya berdasarkan urutan acak. Jangan mencoba menilainya atau khawatir apakah mungkin untuk dikerjakan. Selanjutnya anda dapat melakukan proses seperti tersebut diatas.

B. Berandai-andai

    Hal ini berarti mengubah mimpi anda menjadi kenyataan. Pusatkan pada mimpi, sehingga kemudian akan pikiran bawah sadar akan membantu membuatnya menjadi kenyataan. Alam pikiran bawah sadar akan terus menerus mengawasi dan menyesuaikan cita-cita untuk mencapai tujuan utama. Selama proses berandai-andai, ide baru dipertimbangkan, dinilai dan ditolak atau diterima.

C. Kawin Silang

    Konsep kawin silang meliputi pancaran pribadi-pribadi yang memiliki ilmu, ide dan pengalaman berbeda dan membuat peluang tukar pikiran. Hal ini biasanya dilaksanakan ni satu lawan satu pada saat makan siang atau malam. Suatu hal yang dapat mematikan semangat, berinteraksi hanya dengan orang-orang yang sama dalam hal pikiran, pekerjaan, peranan dan latar belakang. Jika anda ingin lebih banyak ide, carilah lebih banyak sumber pendorong dan biarkan daya pikir anda berkembang bebas.

D. Keingintahuan

 Jika anda ingin tahu tentang sesuatu buatlah sesuatu berdasarkan rasa keingintahuan anda dan periksalah. Ide tanpa pelaksanaan sering akan dilupakan dan hilang tetapi orang yang menaruh perhatian pada ide mereka dapat mengembangkan. Jika anda memiliki ide, biasakanlah membuat catatan pada buku kecil yang selalu anda bawa setiap saat.

E. Pendekatan Tidak Langsung

    Aturlah sebuah kelompok untuk berkumpul bersama, dan berilah suatu persoalan dari sudut pandang yang sulit dengan cara membahas suatu pokok bahasan yang berkaitan biasanya satu dari pokok bahasan yang luas. Kelompok anda dapat menciptakan ide baru atau arah penyelidikan baru yang dapat memecahkan masalah anda dengan suatu cara dimana tidak mungkin untuk membahas masalah tersebut secara langsung. Pendekatan tidak langsung ini khususnya berguna jika menemui jalan buntu dan pendekatan problem yang baru harus dipertimbangkan.

F. Pendekatan Ensiklopedia

    Teknik ini melibatkan riset ekstensi pada subjek. Semua informasi yang tersedia diakumulasi dan digolongkan kedalam beberapa kategori. Bahannya kemudian dinilai untuk mendapat ide yang anda harapkan. Pendekatan ensiklopedia cocok untuk suatu riset dan pengembangan organisasi, atau perorangan dengan waktu, tenaga, dan sumber keuangan untuk melaksanakan riset tersebut.

G. Komponen yang Dimodifikasi

    Teknik ini menganggap bahwa ide baru adalah modifikasi dari ide lama. Anda mulai suatu proses dengan cara memilih produk atau jasa pelayanan yang akan disempurnakan. Kemudian anda membuat daftar semua bagiannya dan menggambarkan setiap bagiannya. Selanjutnya dengan gaya sistematis, ubahlah atau modifikasi gambaran tersebut sesuai dengan tujuan semula, untuk mengembangkan produk atau untuk memuaskan tujuan baru. Teknik ini adalah bentuk umum dari cara berpikir terorganisasi, dan dapat menghasilkan pemecahan atau penyempurnaan.

H. Analisis Sistematis

    Pada pendekatan ini, anda berusaha untuk menemukan kombinasi yang memungkinkan untuk pemecahan masalah. Mula-mula temukan masalah, kemudian tentukan dan buat daftar semua variabelnya. Kemudian buat daftar cara yang mungkin untuk melakukan pekerjaan dibawah setiap jenis variabel. Selanjutnya, guntinglah setiap daftar variabel dan pemecahan masalah. Sekarang campurlah dan pasangkanlah semua variabel untuk menciptakan ide atau saran, ide dengan cara memeriksa setiap kombinasi variabel. Analisis sistematis akan membantu dalam menciptakan sebuah pendekatan baru yang menyeluruh terhadap masalah.

I. Meditasi

    Ada banyak macam-macam teknik untuk relaksasi mental, meningkatkan keyakinan diri pada cita-cita dan merangsang ide. Teknik meditasi kadang-kadang dapat memberikan hal-hal diatas dan juga kesiapan mental untuk menciptakan data pikir inovatif. Periksalah perpustakaan anda untuk mencari buku yang berhubungan dengan meditasi dan melihatnya apakah pendekatan ini cocok untuk anda.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Mantap KK,,,semoga menginspirasi

TEKNIK PENGEMBANGAN UMKM

TUGAS KHAIRI PROPOSAL USAHA " BOLU KEMOJO FAUZIAH "

  Tugas Terstruktur Dosen Pengampu Kewirausahaan Murdiana Koto, S.Sy   PROPOSAL USAHA BOLU KEMOJO TRADISIONAL     DISUSUN OLEH :   KHAIRI (N...