Jumat, 26 Januari 2024

Pentingnya motivasi dalam mendirikan usaha

 Mata Kuliah : Motivasi Usaha

Program Studi : Perbankan Syariah

Dosen Pengampu : Mudiana Koto S.Sy, C. NNLP

Penulis : Dela Rahmadani

Prodi : Perbankan Syariah  Semester 3

Motivasi dalam berwirausaha

Motivasi dalam berwirausaha adalah dorongan yang berkaitan dengan diri individu seorang wirausaha, seperti sikap pantang menyerah, ulet, dan semangat.
Dorongan tersebut menjadi modal utama untuk bekerja atau melakukan tindakan, guna mengembangkan usahanya. 

Dalam berwirausaha, motivasi menjadi salah satu hal penting yang harus ditumbuhkan dan diterapkan dalam setiap kegiatannya. Motivasi berwirausaha digunakan sebagai modal utama untuk mengembangkan kemampuan juga keterampilan.

Rendahnya motivasi berwirausaha akan menurunkan pengembangan diri. Sehingga kegiatan usaha tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Sebab, menjadi seorang wirausaha tidaklah mudah. Wirausaha harus pantang menyerah, kreatif, juga inovatif. Pemberian motivasi dengan tepat akan dapat menimbulkan semangat, gairah dan keikhlasan kerja dalam diri seseorang. Meningkatnya kegairahan dan kemauan untuk bekerja dengan sukarela tersebut akan menghasilkan pekerjaan yang lebih baik, sehingga akan meningkatkan produktivitas kerja. Sedangkan seseorang yang mempunyai motivasi kerja rendah, mereka akan bekerja seenaknya dan tidak berusaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apa Pengaruh Motivasi terhadap Kewirausahaan?

Setiap pengusaha dan pemilik bisnis berbeda; Oleh karena itu, banyak faktor motivasi berwirausaha juga akan berbeda. Namun ada kesamaan antara wirausahawan sukses dalam menemukan motivasi dan inspirasi. Berikut adalah beberapa hal yang tidak hanya memotivasi wirausahawan untuk terjun ke dunia bisnis sendiri namun tetap memotivasi mereka untuk terus melanjutkan bisnisnya bahkan di saat-saat sulit dalam proses.


Kebebasan yang Lebih Besar

Kewirausahaan sering kali menarik bagi orang-orang yang ingin bekerja untuk diri mereka sendiri. Entah mereka tidak ingin lagi melapor ke struktur pengawas atau hanya ingin dapat menciptakan jam kerja mereka sendiri, kewirausahaan memberi orang lebih banyak kebebasan dan persaudaraan dalam bagaimana mereka menyusun karir mereka. Meskipun ada kecemasan yang melekat dalam kewirausahaan, karena masih banyak hal yang belum diketahui tentang kemungkinan keberhasilan sebuah startup, mengetahui bahwa pekerjaan Anda aman dalam artian Anda dapat menentukan parameter kesuksesan Anda sendiri. , gaji, dan sebagainya.


Pendapatan Lebih Besar

Beberapa pekerja merasa bahwa semua pekerjaan yang mereka lakukan pada bisnis milik orang lain pada akhirnya akan membantu menambah kekayaan pemilik tersebut. Meskipun karyawan menerima gaji atas pekerjaan mereka, jumlah penghasilan yang dapat mereka peroleh terbatas jika dibandingkan dengan karyawan, pemilik, dan pemegang saham tingkat C-suite. Memulai bisnis Anda sendiri menciptakan kemungkinan peningkatan kekayaan seiring berjalannya waktu.


Pengaruh Lebih Besar

Sehubungan dengan itu, beberapa karyawan tidak menyetujui arah yang diambil oleh perusahaan tempat mereka bekerja, atau mereka ingin lebih terlibat langsung dalam beberapa bagian bisnis. Tujuan untuk memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap pengembangan produk, pemasaran, atau basis pelanggan merupakan motivasi yang signifikan bagi sebagian orang untuk melepaskan diri dari jalur bisnis atau karier dan memulai perusahaan atau lini produk mereka sendiri. Hal ini juga dapat menarik bagi orang-orang yang ingin memiliki pengaruh atau warisan jangka panjang dalam suatu industri, karena memulai sebuah perusahaan akan membedakan mereka.


Kontrol dan Kreativitas

Banyak pengusaha mempunyai ide yang ingin mereka bagikan kepada dunia atau yang menurut mereka dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Menginginkan kontrol kreatif yang lebih besar atas produk dan proses bisnis merupakan motivasi pendorong yang meluncurkan karir banyak pebisnis mandiri dan dapat membantu menciptakan fokus dan memberikan inspirasi sepanjang proses kewirausahaan.


Peran motivasi dalam berwirausaha sangatlah penting. Hal ini membantu membentuk bisnis startup sejak tahap awal dan dapat berdampak pada mempertahankan pertumbuhan dan kemampuan di masa depan.


sumber: http://ppkpi.com/pentingnya-motivasi-kerja-detail-57762.html




Tidak ada komentar:

TEKNIK PENGEMBANGAN UMKM

TUGAS KHAIRI PROPOSAL USAHA " BOLU KEMOJO FAUZIAH "

  Tugas Terstruktur Dosen Pengampu Kewirausahaan Murdiana Koto, S.Sy   PROPOSAL USAHA BOLU KEMOJO TRADISIONAL     DISUSUN OLEH :   KHAIRI (N...