Jumat, 26 Januari 2024

MEMULAI USAHA DI ERA DIGITAL

oleh ; anisa utami 

prodi ; perbankan syariah  semester 5

 WIRAUSAHA 


   menurut saya wirausaha adalah tentang menjalani perjalanan bisnis dengan semangat keberanian, kreativitas, dan tekad untuk mencapai keberhasilan sambil memberikan nilai positif kepada diri sendiri dan lingkungan sekitar. dalam berwirausaha kita harus berani mengambil risiko, dengan berwirausaha saya dapat mencoba hal hal baru untuk menyesuaikan usaha apa yang banyak diminati masyarakat.

    Dengan perkembangan teknologi digital, wirausaha online atau e-entrepreneur semakin mendapatkan perhatian. Mereka memanfaatkan platform online untuk menciptakan dan mengelola bisnis mereka. Penjualan e-commerce, pemasaran digital, dan pengembangan aplikasi adalah bidang-bidang yang sering digeluti oleh wirausaha online.

MOTIVASI WIRAUSAHAWAN 

        Motivasi adalah suatu faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu perbuatan, atau kegiatan tertentu sehhingga motivasi dapat diartikan sebagai pendorong perilaku seseorang. Secara rinci cirri-ciri karakter wirausahawan yang memiliki motivasi tinggi yaitu 

1. Percaya Diri 

    Seorang wirausaha adalah orang yang percaya bahwa mereka mampu mencapai hasil yang mereka inginkan.Sikap percaya diri ini bukan sikap yang sombong, karena dilsi oleh kesadaran mereka terhadap kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Sikap percaya diri akan mendorong seseorang untuk terus maju dengan kemampuan yang ada. Orang yang tinggi percaya dirinya adalah orang yang sudah matang jasmani dan rohaninya. 

2. Berorientasi Pada Tugas dan Hasil 

    Agar memperoleh keberhasilan dalam usahanya, seorang wirausaha harus bekerja pres- tatif. Apa maksudnya? Keberhasilan seorang dalam kehidupannya banyak ditentukan oleh usaha yang dilakukan sendiri dalam mengubah nasib. Orang ini biasanya lebih mengutamakan prestasinya baru kemudian setelah berhasil prestisnya akan naik. 

3. Berani Menanggung Risiko 

    Berani menanggung risiko berhubungan dengan siap keinginan untuk bertanggung jawab. Para wirausahawan siap menanggung risiko atas segala tindakan yang diambilnya. Dalam bertindak, wirausahawan akan memikirkan tindakannya secara matang, sehingga risiko yang akan muncul akibat tindakannya dapat diperkirakan. 


sumber: Wastam Wahyu Hidayat, "Pengantar kewirausahaan teori dan aplikasi" jawa tengah; CV. Pena Persada,2020.   hal 12-14

kiat sukses punya usaha di era digital

    Dalam menghadapi era digital, kunci sukses memiliki usaha terletak pada kemampuan adaptasi dan pemanfaatan teknologi.

dengan perkembangan yang semakin modern, saya harus mencari peluang usaha ,ketika saya tamat sma saya mencoba berjualan online karna pada saat itu corona (covid19) dan lagi banyak masyarakat dilarang keluar rumah dan saya memcoba berjualan online berbagai macam dan membuka orderan. di era modern sekarang kita harus bisa mencoba bisnis secara digital agar usaha kita dapat berhasil. setelah itu, saya mencoba peluang usaha menjadi mitra shope.    



  Kepuasan pelanggan dalam bertransaksi menjadi prioritas utama dalam menjalankan usahanya. Untuk terus menjaga kepuasan pelanggan,saya merasa perlu memilih aplikasi layanan produk digital yang tepat, dan ia menemukan solusi yang tepat dari aplikasi Mitra Shopee.

    teknologi yang dihadirkan aplikasi Mitra Shopee terbilang mudah digunakan oleh siapa saja, dan, kecepatan dalam bertransaksi melalui Mitra Shopee juga menjadi alasan utama ia memilih berbisnis menggunakan Mitra Shopee. harga yang ditawarkan oleh Mitra Shopee sangat terjangkau dan dapat bersaing.

    tips: fokus dan tekunilah  dalam ber-usaha agar apa yang kita buat dapat sukses dan berhasil dalam usaha kita

 


Tidak ada komentar:

TEKNIK PENGEMBANGAN UMKM

TUGAS KHAIRI PROPOSAL USAHA " BOLU KEMOJO FAUZIAH "

  Tugas Terstruktur Dosen Pengampu Kewirausahaan Murdiana Koto, S.Sy   PROPOSAL USAHA BOLU KEMOJO TRADISIONAL     DISUSUN OLEH :   KHAIRI (N...