Minggu, 19 Maret 2023

EMOSI INGIN MENGUBAH NASIB

OLEH : WINDA SARI HARAHAP
Lapak Usaha Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Stai  Hubbulwathan Duri Jangan Lupa Mampir Gusy  

Emosi merupakan luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu singkat. Keadaan emosilah yang mempengaruhi perasaan seperti gembira, sedih, haru, cinta, berani, takut, marah, dan sebagainya. Emosional terlahir karena adanya materi yang menutup, menyentuh perasaan terdalam, biasanya meninggalkan bekas  pada memori yang sulit tersalurkan atau terlupakan.


Selfi Dulu Biar Semangat Jualan  

Contoh nyata perjuangan Andrea Hirata (penulis buku Laskar Pelangi), karena kesadaran diri serta berangkat dari kemiskinan masa kecil. Andrea melambungkan impian untuk menjadi kaya. Dia ingin mengubah nasib dari anak pedalaman menjadi anak kota dengan segala kesenangannya. Dalam perjalanan hidupnya tidak sedikit kerikil kerikil yang nyaris menenggelamkan impiannya.

Karena emosi, anda akan terus buta dalam menentukan pilihan di setiap kondisi. Padahal selama masih hidup di dunia, kita akan terus menemukan kejutan demi kejutan dan sulit sekali mengambil keputusan. Jika emosi tidak segera dikikis, di depan hanya akan ada gelap dan gelap. Ibarat berjalan. Kita hanya meraba dengan bantuan tongkat, ingin lurus, ke kanan, ke kiri, atau kembali ke belakang, sama sulitnya untuk menentukan.

Bolehlah anda berwirausaha karena emosional, ingin mengubah nasib. Namun anda harus terlebuh dahulu menyadari bahwa untuk menjalankannya perlu di dukung keterampilan, keberanian melangkah, mengikis emosi, mengisi hal hal positif, dan selalu optimis sehingga kita akan mudah beradaptasi dalam segala kondisi yang tidak menguntungkan. Selanjutnya, kita harus cepat mengambil tindakan dan selangkah lebih dulu mengungguli lainnya.


Sumber : Dedi Tri Putra, Most Wanted Entrepreneur 1001 Rahasia Pengusaha Paling Dicari. Yogyakarta : Andi. 2011. Ed.I.hlm.7 -8 

Tidak ada komentar:

TEKNIK PENGEMBANGAN UMKM

TUGAS KHAIRI PROPOSAL USAHA " BOLU KEMOJO FAUZIAH "

  Tugas Terstruktur Dosen Pengampu Kewirausahaan Murdiana Koto, S.Sy   PROPOSAL USAHA BOLU KEMOJO TRADISIONAL     DISUSUN OLEH :   KHAIRI (N...