Senin, 25 Maret 2024

MOTIVASI USAHA : HAL-HAL MENARIK DARI ENTREPRENEUR

Oleh : Sri Syahfrida Isneni |  Mahasiswi Perbankan Syariah STAI Hubbulwathan Duri

(Kegiatan Usaha Bakso mahasiswa Psy - Sebanga)

Banyak sekali kisah-kisah para entrepreneur yang sangat sukses dan terkadang beberapa dari mereka yang sudah sukses, sering dianggap sebagian orang kalau sesuatu yang mereka sentuh tampaknya beralih menjadi emas. Memilih untuk menjadi entrepreneur memang tidaklah mudah, perlu usaha yang lebih keras, harus bisa bekerja cerdas, dan memiliki kualitas kewirausahaan. 

Berikut ini adalah hal-hal yang menarik dari entrepreneur :

1. Melakukan hal apa yang dianggap itu nyaman

Apa yang didapatkan dari bisnis baik itu kepuasan pribadi, keuntungan finansial, dan stabilitas. Semua hal ini sering dirasakan oleh para entrepreneur, mereka melakukan bisnis dengan cara yang mereka anggap itu membuat diri mereka nyaman. Jadi jika Anda menikmati apa yang Anda lakukan maka kemungkinan usaha untuk sukses atau berhasil itu besar.

2. Dapat melihat peluang yang dapat merubah sesuatu yang biasa menjadi luar biasa

Seorang entrepreneur adalah orang yang penuh dengan inovasi dan memiliki konsep yang matang dalam melakukan sebuah bisnis. Entrepreneurship bertujuan untuk mengejar peluang dan peluang itu umumnya tidak dapat di lihat oleh orang lain tetapi seorang entrepreneur dapat melihatnya dan berani mengambil resiko untuk bertindak.

3. Seorang yang dekat sekali dengan kreatif

Proses inovasi dapat terlahir dari sebuah proses kreatif yang sebelumnya telah melalui proses inkubasi startup terlebih dahulu sehingga dalam pengeksekusiannya sesuai dengan sasaran yang dituju. Kreativitas ini menjadi trigger pemecahan masalah dalam sebuah sistem ataupun lingkungan yang terjadi di masyarakat. Proses kreatif harus dapat terhubung dengan akumulasi pengetahuan dan ide, lalu selanjutnya harus menjadi sesuatu yang dapat diimplementasikan. Seorang entrepreneur harus melakukan hal ini sebelum menerapkannya dalam bisnisnya sehingga proses penggodokan yang matang akan menghasilkan sebuah inovasi yang dapat menjadi temuan baru sehingga dapat menguntungkan usahanya.

4. Selalu memvisualisasikan tujuan dan keberhasilan

Jika ingin mewujudkan rencana bisnis, maka seorang entrepreneur sudah memiliki gambaran dari tujuan dan keberhasilan dalam pemikirannya. Kemudian mereka akan memvisualisasikannya untuk bisa direalisasikan. Tidak hanya perlu untuk memvisualisasikan hasil akhir, tetapi juga perlu untuk memvisualisasikan setiap langkah yang akan mengambil untuk sampai ke sana.

5. Menguasai seni negosiasi

Kemampuan untuk bernegosiasi secara efektif adalah hal yang dimiliki orang setiap entrepreneur. Dalam bisnis, keterampilan negosiasi yang digunakan sehari-hari membuat seorang entrepreneur peka terhadap situasi yang berpotensi menguntungkan. Tidak hanya bisa membuat potensi menguntungkan, tetapi juga bisa menimbulkan kesempatan untuk bisa membangun hubungan bisnis jangka panjang.

Ayoo jangan takut untuk mencoba, 

Tidak ada istilah gagal dalam hidup, yang ada hanya sukses dan belum berhasil.

 Semangat untuk kita semua yang lagi merintis, jangan pantang menyerah teruslah mencoba!!


Sumber Bacaan :
1. Ikhs, A. Khoerussalim. Action For One Family One Entrepreneur. Jakarta: PT. Elex Media Kompotindo. 2013. Hal 7- 17
2. Modul Motivasi Usaha 2023


Tidak ada komentar:

TEKNIK PENGEMBANGAN UMKM

TUGAS KHAIRI PROPOSAL USAHA " BOLU KEMOJO FAUZIAH "

  Tugas Terstruktur Dosen Pengampu Kewirausahaan Murdiana Koto, S.Sy   PROPOSAL USAHA BOLU KEMOJO TRADISIONAL     DISUSUN OLEH :   KHAIRI (N...