Minggu, 18 Juni 2023

Suka Duka Menjadi Investor


Suka Duka Menjadi Investor

Menjadi seorang investor mempunyai dua resiko yang harus di tanggung yaitu keuntungan dan kerugian. Sebagai investor saya sangat memahami hal itu dan menurut pengalaman saya yang sudah beberapa kali berinvestor banyak lika liku yang harus saya alami diantaranya adalah ketika saya berinvestor di : 

1.     Solid Sodding 

Adanya proyek jalan Tol Trans Sumatra membawa dampak positif bagi masyarakat yang dilalui proyek tersebut dan salah satunya saya yang ikut serta mengambil peluang dalam pembangunan proyek tersebut. Dan saya berinvestasi sebagai subcon di dalam Solid sodding atau penanaman rumput di tepi jalan Tol. Alhamdulilah selain keuntungan yang saya dapat saya juga mendapat kan pengalaman baru serta mempunyai rekan-rekan kerja dan anggota yang memiliki karakter dan watak serta suku agama yang berbeda-beda. Sementara untuk dukanya ialah dimana untuk  xpencairan itu dibutuh kan waktu yang lumayan lama sehingga saya harus memikirkan untuk modal membeli rumput serta membayar upah anggota. Dan disinilah investor di tuntut untuk bisa menghadapai dan mencari solusi untuk terpenuhinya segala macam tuntutan.


latar belakang kegiatan saya sebagai invesstor dikegiatan UMKM 

2.     Ice Cream Aice

Setelah selesainya proyek jalan Tol saya harus memikirkan usaha apa yang harus saya lakukan dalam memenuhi kebutuhan hidup dan terfikir lah oleh saya untuk berinvestasi di toko atau pun kedai untuk memasok ice cream. Dengan seiring nya waktu toko atau pun kedai ingin saya berinvestasi di gerai mereka dan alhamdulilah dari hasil berinvestasi ice cream saya memutuskan untuk melanjut kan kuliah di STAI HUBBULWHATAN DURI. Duka yang rasakan selama menjadi investor ice cream adalah adanya beberapa toko yang mengambil keuntungan dari keuntungan yaitu menaikan harga retail tanpa sepengetahuan saya yang ber dampak dari lambatnya penjualan es itu sendiri. Ada juga toko yang tidak mengembalikan modal padahal es terjual habis. 


Proses pengantaran box ice crem Aice bagi pelaku UMKM


3.    Ayam Geprek 

Setelah kuliah dan memasuki semester VI ada mata kuliah Kewirausahaan dan Pengembangan Tekhnik UMKM dan saya sebagai investor di pembuatan ayam geprek serta menanam modal es krim di Kulim km 9 yang kebetulan teman kampus dan teman 1 kelas. Dalam pembuatan ayam geprek tersebut ternyata tidak semudah yang saya bayangkan perlu keuletan, kedisiplinan serta kerja sama yang baik. Hal yang paling mendasar yang saya perhatikan selain dibutuh kan modal juga dibutuhkannya keseriusan baik dalam waktu maupun manajemen keuangan. Dibutuhkan keseriusan dan sepenuh hati dalam menjalankan misi ayam geprek ini karena secapek apapun kita dalam bekerja akan terasa menyenangkan jika dilakukan dengan sepenuh hati.

Proses pengemasan UMKM Ayam Geprek 


Dengan adanya beberapa pengalaman yang berbeda bisa di tarik benang merah bahwa seorang investor itu selain mempunyai modal juga harus dimiliki adalah :

1.       Memiliki mindset Optimistis

2.       Memiliki mental baja

3.       Tidak mudah putus asa

4.       Selalu berfikir positif

5.       Mampu berinteraksi dengan baik

6.       Dan lain sebagainya

 

  

Tidak ada komentar:

TEKNIK PENGEMBANGAN UMKM

TUGAS KHAIRI PROPOSAL USAHA " BOLU KEMOJO FAUZIAH "

  Tugas Terstruktur Dosen Pengampu Kewirausahaan Murdiana Koto, S.Sy   PROPOSAL USAHA BOLU KEMOJO TRADISIONAL     DISUSUN OLEH :   KHAIRI (N...