Jumat, 16 Juni 2023

SIKAP YANG MENDUKUNG PERUBAHAN

 Oleh : Viva Justicia Foreva



Proses evaluasi setelah penjualan dari PMI 6


Sikap yang mendasari penolakan terhadap perubahan telah dijelaskan di atas. Karena itu kita perlu memahami dengan lebih baik sikap yang bagaimana yang dapat mengubah penolakan tersebut dan membantu wirausaha mengatasi perubahan dengan lebih efektif.

  • Fleksibel Dan Mudah Menerima. Sikap ini adalah lawan dari keras kepala dan pemikiran tertutup. Orang yang mau menerima ide baru dan tanggap terhadap kekuatan perubahan akan mampu menyesuaikan diri terhadap kondisi perubahan tersebut. Ide baru dapat muncul atau didapat melalui membaca majalah atau literatur tentang perdagangan dan juga dengan mengamati usaha sejenis.
  • Percaya Diri. Wirausaha yang memiliki rasa percaya diri tinggi menerima perubahan dengan sikap terbuka untuk dapat mengatasi tantangan, mengimbangi kekurangan, dan memperkuat kemampuan. Takut terhadap ketidakmampuan dan takut akan gagal dalam mencoba sesuatu yang baru biasanya menghambat pertumbuhan dan pada akhirnya mengarah pada kegagalan.
  • Optimis dan Bersemangat. Dengan fokus pada aspek positif dari perubahan bukan pada aspek yang negatifnya, akan mengubah cara pandang seseorang terhadap sesuatu. Setiap kejadian akan dilihat sebagai suatu tantangan, bukan ancaman. Dengan demikian imbalan yang akan diterima lebih tinggi dibanding dengan biasanya ketika kita antusias melakukan sesuatu, akan lebih mudah menginvestasikan waktu, upaya, dan uang untuk memperoleh dampak seperti yang kita inginkan.
  • Tegas dan Mampu Mengendalikan Diri. Mengatasi perubahan mensyaratkan kejernihan pikiran,dan memerlukan tindakan keadaan yang melingkupi perubahan biasanya tidak seperti yang diharapkan, tidak adil, membuat frustasi, mengecewakan, menakutkan, dan atau tidak menyenangkan. Pengendalian emosi sangat diperlukan pada saat melakukan tindakan agar dapat mengatasi perubahan.
  • Daya Saing. Daya saing berarti menemukan cara yang lebih baik untuk memperbaiki situasi saat ini. Perbaikan adalah salah satu faktor yang selalu harus dipertimbangkan ketika merencanakan perubahan.
  • Ingin Tahu dan Berani Mencoba. Tidak semua ide baru selalu ide yang bagus. Untuk menemukan ide yang bagus, anda harus mencermati beberapa kemungkinan. Orang yang senang mencoba sesuatu yang baru dapat mengatasi kekecewaan karena mereka bisa mendapatkan imbalan yang cukup pada saat menemukan dan melaksanakan ide yang benar-benar bagus.
  • Mengembangkan Sikap Positif Terhadap Perubahan. Beberapa sikap positif terhadap perubahan mungkin sudah menjadi bagian dari pribadi anda

 

Sumber : Drs. Daryanto. Menggeluti Dunia Wirausaha. Edisi Cet.1. Yogyakarta: Gava Media, 2012. hlm.74-76


Tidak ada komentar:

TEKNIK PENGEMBANGAN UMKM

TUGAS KHAIRI PROPOSAL USAHA " BOLU KEMOJO FAUZIAH "

  Tugas Terstruktur Dosen Pengampu Kewirausahaan Murdiana Koto, S.Sy   PROPOSAL USAHA BOLU KEMOJO TRADISIONAL     DISUSUN OLEH :   KHAIRI (N...