Rabu, 14 Juni 2023

TUJUAN PASTI WIRAUSAHA


 Tujuan pasti wirausaha



    





    Ada jalan mudah bagi calon wirausahawan tanpa harus melalui dilema seperti contoh para pekerja. Meski awalnya selalu bekerja menjadi karyawan di salah satu perusahaan, namun niatnya adalah untuk memperoleh bekal keterampilan dan peluang mandiri. Selalu ada tujuan dari persimpangan jalan yang menuntut kepastian memilih salah satunya. Hanya sedikit orang yang langsung tancap gas dan bertujuan pasti untuk berwirausaha.

Berikut contoh langkah seseorang yang bertujuan pasti sebagai wirausahawan.

1. Percaya diri mampu

Sifat percaya diri berarti sifat bawaan yang melekat pada seseorang merupakan sebuah sikap yang kokoh kuat dan yakin dalam memperjuangkan pilihan dan pendirian atau prinsipnya salah satu alasan kuat seseorang memilih untuk berwirausaha adalah sifat percaya diri yang kuat. Terlalu percaya diri atas kemampuan akan menumbuhkan keyakinan akan bisa kerja mandiri.

2. Waktu ( menit, jam, hari, bulan, tahun)

Banyak pengusaha sukses karena kemampuan dan kecepatan waktu memilih jalan wirausaha selagi mudah dalam sebuah bukunya, Purdi E Candra mengakui bahwa beliau menjadi enterpreneur karena tidak kunjung mendapat pekerjaan. Beliau memiliki sebuah keyakinan dan percaya akan sukses berwirausaha sejak dini.

Dalam bukunya Cara GILA Jadi Pengusaha, Purdi E Candra muda benar benar manfaatkan waktu mudanya. Beliau menghargai setiap menit, setiap jam, hari, bulan dan tahun dengan belajar dan terus belajar untuk menjadi wirausahawan sejati.

3. Usia yang terus bertambah

Tidak ada patokan usia untuk menjadi seorang wirausahawan sukses. Namun melihat ketatnya peluang dan manfaat tenaga maka tujuan wirausaha di usia muda jauh lebih tepat tujuan pasti wirausaha di usia tergolong muda memanfaatkan peak performance. Di tunjang ilmu yang terus di pelajari dari orang orang berpengalaman.

4. Bukan pilihan tapi tujuan

Ada sebuah kesalahan setting pikiran dalam berwirausaha. Sebagian besar orang umumnya memilih berwirausaha karena terpaksa, keadaan, dilema, PHK,dan end option (pilihan terakhir).kesalahan setting berwirausaha tersebut selalu beakhir gagal.

Kewirausahaan atau entrepreneur bukanlah pilihan tetapi tujuan. Ir Ciputra dalam bukunya Quantum leap menjelaskan bahwa seorang entrepreneur adalah seorang kreatif yang akan mewujudkan impian. Entrepreneur akan mampu mengubah tempat pembuangan sampah menjadi Gedung pencakar langit dengan ribuan pekerja di dalamnya.

 

Sumber : Dedi Tri Putra. Most Wanted Entrepreneur 1001 Rahasia Pengusaha Paling Dicari. Yogyakarta Andi. Ed.I. hlm.15-19

Tidak ada komentar:

TEKNIK PENGEMBANGAN UMKM

TUGAS KHAIRI PROPOSAL USAHA " BOLU KEMOJO FAUZIAH "

  Tugas Terstruktur Dosen Pengampu Kewirausahaan Murdiana Koto, S.Sy   PROPOSAL USAHA BOLU KEMOJO TRADISIONAL     DISUSUN OLEH :   KHAIRI (N...