OLEH : WINDA SARI
v Strategi
mendefinisikan dan merencanakan visi dan fokus untuk penelitian dan
pengembangan, manajemen teknologi, dan upaya pengembangan produk termasuk
identifikasi, prioritas, seleksi ,dan dukungan sumber daya proyek yang
diajukan.
v Proses merupakan
implementasi dari tahap pengembangan produk dan gerbang untuk memindahkan
produk dari konsep untuk memulai.
v Penelitian
merupakan penerapan metodologi dan teknik untuk merasakan, mempelajari, dan
memahami pelanggan, pesaing, dan keadaan lingkungan makro di pasar (barczak dan
Khan, 2007). penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orientasi pasar dan
customer yang kuat, dimana perusahaan berfokus pada kebutuhan dan keinginan
customer menghasilkan produk yang lebih sukses (Cooper dan kleinschmidt,1995;
martensen dahlgaard,200).
v Iklim proyek
mewakili semua sumber daya manusia dan tim yang terkait. kontribusi terhadap
pengembangan produk serta membina komunikasi antar departemen.
v Budaya
perusahaan merupakan nilai sistem manajemen perusahaan dalam mengendalikan ide
pengembangan produk dan kolaborasi pengembangan produk dan kolaborasi
pengembangan produk dengan mitra eksternal termasuk pelanggan dan pemasok.
v Evaluasi matriks
dan performa kinerja merupakan pengukuran, pelacakan, dan pelaporan performa
proyek pengembangan produk dan program pengembangan produk(barczak dan
Khan,2007). pengukuran performa pengembangan produk mengarah kepada peningkatan
keberhasilan produk (pottiglio dkk,1995; Griffin,1997; goderner dan
soderquit,2004).
v Komersialisasi
merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran, peluncuran,dan manajemen
pasca peluncuran produk baru yang merangsang adopsi oleh customer dan difusi
pasar (barczakdan khan,2004).
Sumber : Dedi Tri Putra, Manajemen
Inovasi Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta : Andi. 2014.
Ed.I.hlm.71-75
Tidak ada komentar:
Posting Komentar