Rabu, 14 Juni 2023

USAHA SAMPINGAN PALING MENGUNTUNGKAN

 

Usah sampingan paling menguntungkan.

OLEH : INDAH ADIANSYAH PUTRI



A.      Usaha Makanan Kecil/kue

Usaha makanan kesil selagi hasil makanan itu, enak, bersih, menarik dan harganya terjangkau pasti akan selalu diminati banyak orang. Juga halnya dengan usaha kue atau bisa di sebut makanan kecil. Biasanya orang menyajikan kue sebagai hidangan peneman teh kopi, acara ulang tahun, Arisan, pengajian, dan lain sebagainya.

Unsur-unsur yang mempengaruhi usaha sampingan:

1.      Lokasi

Keuntungan lain dari usaha ini adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat karena anda bisa mengerjakan di rumah dengan memakai peralatan dapur yang sudah ada. Bahkan jika nanti pada akhirnya anda masih belum punya cukup dana untuk membuka toko kue sekali lagi anda tidak usah khawatir. Anda bisa saja menitipkan jualan anda ke toko kue dan warung yang sudah ada.

2.      Pemesanan

Promosi sangat diperlukan dalam setiap usaha khususnya usaha seperti ini. Dengan membagikan contoh hasil makanan di acara arisan, pengajian pertemuan RT, dan berbagai acara lainnya atau memasang iklan di media, atau sekedar menyebar brosur sederhana. Sedangkan untuk membedakan usaha anda dengan kompetitor sejenis Anda bisa membuat produk secara eksklusif dengan memberikan merek dan kemasan yang menarik.

3.      Modal usaha

Selain modal untuk usaha  alangkah baiknya anda mempunyai  keterampilan, pengetahuan tentang produk, keberanian untuk menjual, pengetahuan di mana tempat membeli bahan baku yang baik dan murah, memasang target penjualan, berani berkreasi setiap waktu pada produk tetap selalu up to date.

4.      Tips bisnis makanan

1.      Pengenalan dan Penjajakan

Lakukan pengenalan dan penjajakan di lingkungan sekitar misalnya apa saja jenis makanan atau kue yang banyak digemari.

2.      Harus Enak

Setelah mengetahui selera pasar langkah berikutnya adalah kualitas rasa jangan ragu melakukan beberapa eksperimen agar rasa produk Anda terus terjaga kelezatannya tentu saja hal itu tidak lepas dari bahan baku yang juga harus berkualitas.

3.      Tampilan Menarik

Ternyata tidak hanya rasa yang enak dan lezat yang diperhitungkan oleh pembeli tampilan pun sangat berpengaruh di sini biasanya sebelum membeli pelanggan akan melihat terlebih dahulu seberapa menarik penampilan atau penyajiannya.

4.      Pelayanan

Pelanggan adalah raja jadi bagaimanapun mereka harus diberikan pelayanan yang memuaskan oleh karena itu memberikan pelayanan terbaik yang anda miliki seperti kualitas rasa kebersihan delivery tempat waktu sapaan ramah dan senyum tulus ini merupakan hukum bisnis dalam berinteraksi dengan pelanggan.

5.      Lakukan Promosi

Banyak cara untuk mempromosikan usaha makanan atau kue mulai dari menyebarkan brosur kartu nama memberikan contoh gratis untuk dicoba hingga promosi yang paling efektif yaitu dari mulut ke mulut brosur dan kartu nama itu hanya mencerminkan profesionalisme bisnis yang baik.

6.      Mengatur Keuangan

Pemasukan dan pengeluaran dalam mengelola usaha makanan atau kue ini bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari cara yang paling konvensional yaitu dicatat di buku maupun dengan pembukuan dengan cara mutakhir yaitu sistem komputer. Penting untuk diingat jangan sekali-kali mencampuri keuangan pribadi dengan usaha yang anda kelola.

 

Sumber : Ajen Dianawati,Usaha Sampingan Paling Menguntungkan. Agromedia Pustaka, Jl. Rajawali IV Blok HD X No.3 Tanggerang 15226 Ed.1 hlm.37-43

Tidak ada komentar:

TEKNIK PENGEMBANGAN UMKM

TUGAS KHAIRI PROPOSAL USAHA " BOLU KEMOJO FAUZIAH "

  Tugas Terstruktur Dosen Pengampu Kewirausahaan Murdiana Koto, S.Sy   PROPOSAL USAHA BOLU KEMOJO TRADISIONAL     DISUSUN OLEH :   KHAIRI (N...