Minggu, 18 Juni 2023

Penjualan Kebutuhan Komunikasi

 

Penjualan Kebutuhan Komunikasi

 

Keberhasilan penjualan tergantung dari kemampuan seorang wirausaha untuk:

·         Menarik perhatian

·         Menentukan kebutuhan, keinginan, masalah dan tujuan konsumen

·         Memperlihatkan bagaimana barang atau jasa dapat memenuhi kebutuhan tersebut

·         Menyelesaikan masalah yang menghalangi konsumen membeli

·         Melakukan transaksi bisnis dengan konsumen

Keberhasilan bisnis tergantung dari seni menjual. Jika seorang wirausaha dapat memanfaatkan kesempatan untuk melayani masyarakat, memenuhi kebutuhan mereka, serta memecahkan masalah mereka, maka kebanyakan konsumen akan merasa puas. Konsumen yang puas akan terus mengadakan bisnis dengan seorang wirausaha dan merekomendasikan barang dan jasa wirausaha tersebut kepada orang lain.

Tanpa memandang jenis usahanya, seorang wirausaha harus memusatkan perhatian tidak hanya untuk memproduksi barang atau jasa, tetapi juga bagaimana menjual barang atau jasa tersebut. Seorang wirausaha adalah penjual karena mereka selalu menjual produk/jasa mereka untuk masyarakat umum. Mereka harus mempertahankan citra penjualan mereka kemanapun mereka pergi dan apapun yang mereka lakukan di lingkungan masyarakat.

Ketika menjual, anda menyampaikan kepada calon konsumen mengenai diri anda dan barang atau jasa yang anda jual. Proses ini dapat dianggap sebagai serangkaian langkah, dan setiap langkah melibatkan tingkat komunikasi yang lebih tinggi.

langkah 1: lakukan pendekatan kepada calon konsumen kemudian perkenalkan diri anda dan perusahaan anda.

Langkah 2: berikan alasan mengapa anda melakukan pendekatan pada calon konsumen.

Langkah 3: perlihatkan atau jelaskan mengenai barang/jasa yang anda jual.

Langkah 4: tunjukkan manfaat barang/jasa tersebut kepada calon konsumen.

Langkah 5: negosiasikan syarat dan ketentuan penjualan.

Langkah 6: mintalah calon konsumen mengambil keputusan terkait dengan pembelian barang/jasa tersebut.

Langkah 7: setelah konsumen mulai membeli barang/jasa anda, susunlah strategi untuk membantu anda mempertahankan konsumen tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dibutuhkan upaya 10 kali lipat menarik konsumen baru ketimbang mempertahankan konsumen lama.

Seperti halnya komunikasi yang efektif, menjual adalah proses dua arah. Menjual lebih merupakan seni ketimbang keterampilan. Anda harus pandai bertanya dan menjadi pendengar aktif untuk dapat memahami keinginan dan minat konsumen. Anda harus menyesuaikan pesan dan gaya komunikasi anda dengan kepribadian dan motif membeli calon konsumen. Melalui komunikasi yang efektif, anda menjalin hubungan dengan konsumen berdasarkan kepercayaan dan keyakinan hubungan ini akan membentuk pondasi yang kuat untuk transaksi penjualan sekarang dan dimasa mendatang.

Tidak ada komentar:

TEKNIK PENGEMBANGAN UMKM

TUGAS KHAIRI PROPOSAL USAHA " BOLU KEMOJO FAUZIAH "

  Tugas Terstruktur Dosen Pengampu Kewirausahaan Murdiana Koto, S.Sy   PROPOSAL USAHA BOLU KEMOJO TRADISIONAL     DISUSUN OLEH :   KHAIRI (N...