Penjualan
Kebutuhan Komunikasi
Keberhasilan penjualan tergantung
dari kemampuan seorang wirausaha untuk:
·
Menarik perhatian
·
Menentukan kebutuhan, keinginan, masalah dan
tujuan konsumen
·
Memperlihatkan bagaimana barang atau jasa dapat
memenuhi kebutuhan tersebut
·
Menyelesaikan masalah yang menghalangi konsumen
membeli
·
Melakukan transaksi bisnis dengan konsumen
Keberhasilan bisnis tergantung
dari seni menjual. Jika seorang wirausaha dapat memanfaatkan kesempatan untuk
melayani masyarakat, memenuhi kebutuhan mereka, serta memecahkan masalah mereka,
maka kebanyakan konsumen akan merasa puas. Konsumen yang puas akan terus
mengadakan bisnis dengan seorang wirausaha dan merekomendasikan barang dan jasa
wirausaha tersebut kepada orang lain.
Tanpa memandang jenis usahanya,
seorang wirausaha harus memusatkan perhatian tidak hanya untuk memproduksi
barang atau jasa, tetapi juga bagaimana menjual barang atau jasa tersebut. Seorang
wirausaha adalah penjual karena mereka selalu menjual produk/jasa mereka untuk
masyarakat umum. Mereka harus mempertahankan citra penjualan mereka kemanapun
mereka pergi dan apapun yang mereka lakukan di lingkungan masyarakat.
Ketika menjual, anda menyampaikan
kepada calon konsumen mengenai diri anda dan barang atau jasa yang anda jual. Proses
ini dapat dianggap sebagai serangkaian langkah, dan setiap langkah melibatkan
tingkat komunikasi yang lebih tinggi.
langkah 1: lakukan pendekatan
kepada calon konsumen kemudian perkenalkan diri anda dan perusahaan anda.
Langkah 2: berikan alasan mengapa
anda melakukan pendekatan pada calon konsumen.
Langkah 3: perlihatkan atau
jelaskan mengenai barang/jasa yang anda jual.
Langkah 4: tunjukkan manfaat
barang/jasa tersebut kepada calon konsumen.
Langkah 5: negosiasikan syarat dan
ketentuan penjualan.
Langkah 6: mintalah calon
konsumen mengambil keputusan terkait dengan pembelian barang/jasa tersebut.
Langkah 7: setelah konsumen mulai membeli barang/jasa anda, susunlah strategi untuk membantu anda mempertahankan konsumen tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dibutuhkan upaya 10 kali lipat menarik konsumen baru ketimbang mempertahankan konsumen lama.
Seperti halnya komunikasi yang
efektif, menjual adalah proses dua arah. Menjual lebih merupakan seni ketimbang
keterampilan. Anda harus pandai bertanya dan menjadi pendengar aktif untuk
dapat memahami keinginan dan minat konsumen. Anda harus menyesuaikan pesan dan
gaya komunikasi anda dengan kepribadian dan motif membeli calon konsumen. Melalui
komunikasi yang efektif, anda menjalin hubungan dengan konsumen berdasarkan kepercayaan
dan keyakinan hubungan ini akan membentuk pondasi yang kuat untuk transaksi penjualan
sekarang dan dimasa mendatang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar