Rabu, 14 Juni 2023

PENDEKATAN KARAKTERISTIK KEWIRAUSAAN

 



Pendekatan Karakteristik Kewirausaan

Konsep kewirausahaan merupakan kemampuan kreatif dan ino- vatif yang dijadikan dasar untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melalui berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang melalui suatu proses, pembentukan atau pertumbuhan suatu bisnis baru yang berorientasi memperoleh keuntungan, penciptaan nilai dan pem- bentukan produk atau jasa baru yang unik dan inovatif.

Konsep wirausaha lebih merujuk pada sifat, watak, dan ciri-ciri yang melekat pada seseorang yang mempunyai kemauan keras untuk mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia usaha yang nyata dan dapat mengembangkannya dengan tangguh, dengan mengacu pada orang yang melaksanakan proses gagasan, me- madukan sumber daya menjadi realitas.

Perkembangan dunia usaha di Indonesia mengalami pasang su rut. Hal ini dipengaruhi oleh adanya faktor letak geografis, bu- daya, kebijakan ekonomi, dan pengaruh perkembangan pereko- nomian dunia. Faktor yang mendorong perkembangan dunia kewirausahaan di Indonesia adalah:

a.    Kebutuhan untuk mencapai sesuatu yang lebih baik (ber-prestasi).

b.      Kebutuhan akan ketidaktergantungan atau kebebasan.

c.       Kebutuhan akan pembaruan.

d.      Mencapai tingkat pendapatan yang lebih baik.

e.       Kemampuan menyekolahkan anak dan menyejahterakan keluarga.

Faktor penghambat dan juga sebagai pendorong pertumbuhan wirausaha di Indonesia yaitu:

1.      Ukuran nilai sosiokultur yang berlaku di masyarakat. Ukuran baik dan buruk di masyarakat.

2.      Kehidupan ekonomi seperti kebijakan pemerintah, praktik bisnis, struktur pasar, dan lain-lain.

3.      Keadaan dunia pendidikan.

Perkembangan usaha kecil di Indonesia sejak dahulu hingga proklamasi 1945 dan berlanjut sampai sekarang, masih terkon- sentrasi sektor pertanian di samping minyak dan gas bumi. Kon- disi ini semakin jelas mengingat 80% rakyat Indonesia tinggal di pedesaan dan hidup sebagai petani ata sebagai nelayan bagi me- reka yang tinggal di pantai. Namun demikian, keberadaan usaha kecil di Indonesia sangat strategis dan relatif tahan terhadap gon- cangan krisis ekonomi sehingga mampu menjadi penyangga dan menopang perekonomian nasional.

 

Sumber : Prof.Dr.Yuyus Suryana, S.E, M.S & Dr.Ir Kartib Bayu M.Si, Kewirausahaan pendekatan karakteristik wirausahawan sukses.Jakarta: Kencana, 2011. Ed.1. Cet : 2 hlm.23-52

Tidak ada komentar:

TEKNIK PENGEMBANGAN UMKM

TUGAS KHAIRI PROPOSAL USAHA " BOLU KEMOJO FAUZIAH "

  Tugas Terstruktur Dosen Pengampu Kewirausahaan Murdiana Koto, S.Sy   PROPOSAL USAHA BOLU KEMOJO TRADISIONAL     DISUSUN OLEH :   KHAIRI (N...